PELAKU UMKM JUGA HARUS BISA MENGELOLA KEUANGAN

TIPS MENGELOLA KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM
TIPS MENGELOLA KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM

TIPS MENGELOLA KEUANGAN PELAKU UMKM

Usaha mikro kecil menengah atau biasa juga disebut UMKM merupakan pilar perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, 90% bentuk usaha di Indonesia adalah UMKM.

dan taukah anda umkm sendiri juga salah satu sebagai roda penggerak ekonomi bagi kaum menengah lohh, meskipun umkm terbilang cukup penting  dalam pilar perekonomian namu untuk mengelolanya juga tidak mudah dikarenakan kurangnya pasar sehingga daya Tarik jual beli masih kalah dengan para pesaing.

Tantangan bagi pelaku umkm di tengah kemajuan peradaban digital tentunya juga sangatl berat, diantaranya bagaimana cara memasarkan produknya dan menciptakan pelaku umkm agar selalu bisa suntainable dalam pengelolaan keuangannya dikarenakan daya jual beli yang turun sehingga berdampak pada kemampuan pelaku umkm tersebut untuk memenuhi kewajiban kreditnya.

Dan untuk artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa digunakan untuk  pengelolaan keuangan, agar mampu menghadapi tantangan di era digital ini :

  1. DISIPLIN DALAM MENCATAT LAPORAN KEUANGAN 

Mencatat laporan keuangan sangatlah penting bagi usaha manapun, akan tetapi Sebagai usaha kecil, menengah, dan mikro yang masih didominasi oleh usaha kecil dan mikro, poin ini sering diabaikan. Padahal semua pemasukan dan pengeluaran usaha harus dicatat setiap hari agar bisa terkontrol dengan baik. Setiap badan usaha sekurang-kurangnya harus mengetahui biaya operasi badan usaha, keuntungan, dan jumlah dana yang digunakan badan usaha. Dengan demikian, pemilik usaha juga dapat menilai kemampuan dan kapabilitas usahanya sendiri sehingga dapat menentukan rencana pengembangan usahanya berdasarkan data yang terekam. Oh iya, kamu bisa menyimpan catatan keuanganmu di buku kecil atau gadget.

        2.  HARUS MEMISAHKAN KEUANAGN USAHA DAN PRIBADI

Dengan memisahkan catatan keuangan pribadi dan bisnis, pemilik dapat lebih mudah mengelola keuangan bisnisnya. Hal ini karena keakuratan catatan keuangan suatu bisnis dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dan penilaian kinerja bisnis. Arus kas yang bercampur antara keuangan pribadi dan usaha dapat mempersulit pelaku UMKM dalam menentukan biaya operasional usaha. Salah satu trik untuk memisahkan catatan keuangan pribadi dan bisnis adalah pemilik dapat "membayar" dirinya sendiri untuk mencatat semua kebutuhan pribadi dari pos gaji.      

        3.  MERENCANAKAN DALAM MENGELOLA PIUTANG

Dalam usaha atau bisnis, utang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja perusahaan. Namun, utang yang tidak terkendali bisa menimbulkan masalah keuangan bahkan kebangkrutan bisnis, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Jika Anda pernah berutang sebelumnya, perhatikan rasio aset-liabilitas Anda tidak melebihi 50%, dan rasio utang terhadap pendapatan Anda tidak melebihi 30%. Saat catatan keuangan Anda menunjukkan peningkatan rasio ini, Anda bisa segera mengambil tindakan. Perencanaan utang harus dilakukan secermat mungkin sebelum Anda memutuskan untuk mengklaim utang. Mulailah dengan berapa banyak utang yang Anda butuhkan dan berapa biayanya agar Anda tidak lupa mempertimbangkan kemampuan Anda untuk melunasinya.

        4.  TETAPKAN EVALUASI DAN TARGET

Sebagai pelaku UMKM, kebutuhan pribadi dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan besaran gaji yang akan diterima dari usaha dan target omset ke depan yang harus dicapai. Penilaian bisnis secara berkala diperlukan untuk menganalisis apakah kegiatan operasi bisnis dianggap tepat atau perbaikan apa yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis.

Manajemen keuangan sangat penting bagi sebuah bisnis. Semakin berkembang bisnis yang Anda jalankan, maka akan semakin kompleks untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Oleh karena itu, manajemen keuangan dapat menyelesaikan masalah keuangan perusahaan sedini mungkin sebelum menjadi lebih besar, sobat. Untuk informasi tambahan mengenai produk keuangan yang tersedia bagi UMKM,

Teman-teman juga dapat mengakses website kami di https://stikjengkolbekasi1.blogspot.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STIK JENGKOL Salah satu produk UMKM BEKASI

STRATEGI PEMASARAN UMKM era 4.0